semua Kategori

Berita

Beranda > Berita

Bagaimana kayu lapis dibuat? Apa itu kayu lapis?

Waktu: 2022-07-18 Hits: 10

Kayu lapis adalah papan buatan yang khas. Ini disebut kayu lapis di luar negeri, juga disebut papan multi-layer. Ini memiliki struktur berlapis bernomor ganjil yang khas. Setiap lapisan ditumpangkan tegak lurus satu sama lain.

Metode pemrosesan unik ini menciptakan struktur yang menyeimbangkan kekuatan, stabilitas, dan ekonomi. Kayu lapis tidak terus menyusut dan mengembang, berubah bentuk seperti kayu solid. Kayu lapis umumnya terdiri dari 3 hingga 17 lapisan. Secara umum, semakin banyak lapisan dari bahan yang sama, semakin baik kayu lapisnya.

Kualitas kayu lapis tergantung pada bahannya. Ada yang gabus, seperti pinus, poplar, dll. Harga kayu keras lebih tinggi dari gabus. Ada juga perbedaan positif dan negatif antara kayu lapis, dan bagian depan umumnya diukur menurut kerataan dan kehalusan. Ada juga tampilan samping apakah lapisannya simetris, rata, dan apakah ada lubang.

Plywood adalah papan yang sangat disukai oleh para pecinta pertukangan, terutama papan impor bermutu tinggi, yang disebut papan laut di industri. Nyatanya, dalam beberapa tahun terakhir, proses produksi kayu lapis dalam negeri sudah sangat meningkat, dan kayu lapis olahan tidak lebih buruk dari kayu lapis impor, baik itu perlindungan lingkungan maupun kualitasnya. aspek. Kandungan formaldehida dari lem yang digunakan telah mencapai dan melampaui standar Eropa

Bagaimana cara membuat kayu lapis?
Pembuatan kayu lapis Teknologi pemrosesan kayu lapis:

1

Teknologi pemrosesan kayu lapis:

Dalam proses produksi, pemotongan kayu, pengupasan, pengeringan, penanganan, pengepresan panas, pemangkasan tepi, pengamplasan mempengaruhi pemborosan. Pemborosan berupa sisa-sisa pengolahan (materialitas) dan penyusutan (immateriality). Pemborosan kayu berkaitan dengan bahan, spesifikasi kayu bulat, kemampuan peralatan, teknologi dan spesifikasi produksi.

1) Pencabutan kayu:

Pemblokir log:

2

Biasanya panjang log impor lebih dari 6 meter. Pemotongan sesuai dengan teknologi membutuhkan panjang dan kualitas. Panjang pemotongan harus panjang produk tambahkan sisa-sisa. Misalnya, produk adalah 1220mm * 2440mm, panjang pemotongan biasanya 2600mm atau 1300mm. panjang log, camber dan demerit mempengaruhi output kayu lapis secara langsung. Sisa-sisa potongan kayu kecil, potongan, serbuk gergaji, tec. Rasio pemborosan pemotongan kayu adalah 3% -10%.

3

2) Veneer mengupas:

Peeling adalah proses produksi kayu lapis yang paling populer. Ketebalan veneer belakang sekitar 0.6mm, veneer inti dan ketebalan veneer tengah sekitar 1.8mm.

4

3) Pengeringan:

Veneernya lembab. itu harus dikeringkan sesuai dengan persyaratan teknologi. Setelah kering akan menyusut. Dimensi akan menjadi lebih kecil. Veneer panjang, lebar, tebal akan menyusut. Shrink wastage terkait dengan material kayu, kandungan air, ketebalan veneer. Menyusut pemborosan adalah 4% -10%.

1. Pengeringan Tabung Baja (Jenis pengering paling ekonomis, tetapi kapasitasnya lebih sedikit)

5

2. Pengering tekan pelat panas padat (Jika papan Anda tidak rata, Anda dapat memilih pengering tekan padat pelat panas.)

6

3.Core Veneer Continuous roller dryer (Jika kapasitas Anda lebih besar dari 50cbm per hari, Anda dapat memilih roller dryer.)

7

4) penanganan veneer:

Penanganannya meliputi pemotongan, penyambungan veneer dan perbaikan. Potong veneer zonal menjadi veneer spesifikasi atau ukuran yang tepat yang dapat disatukan. Veneer zona sempit dapat disatukan menjadi satu veneer. Veneer dengan kekurangan dapat diperbaiki untuk memenuhi syarat. Pemborosan pada bagian ini berkaitan dengan material kayu gelondongan, kualitas veneer kupas, kualitas kering, dan keterampilan operasi pekerja. Rasio pemborosan adalah 4%-16%. Rasio pemborosan kayu lapis pemrosesan veneer impor adalah 2%-11%.

Garis rakitan veneer atau rakitan tangan

8

9

10

5) Tekan Dingin:

11

Mesin press dingin dasar untuk pabrik kayu lapis. Mesin ini juga disebut pra-tekan. Veneer setelah direkatkan dan dirakit, pertama-tama akan dibentuk ke panel kosong oleh pers dingin. Kemudian akan ditransfer oleh forklift ke hot press.

6) Tekan panas:

12

Veneer direkatkan dan ditumpuk, lalu direkatkan di bawah suhu dan tekanan yang disetel dengan hot press. Karena temperatur veneer dan kandungan uap air berubah, veneer akan menyusut. Menyusut pemborosan terkait dengan suhu, tekanan, waktu pengepresan panas, bahan kayu, kandungan air, rasio pemborosan adalah 3% -8%

7) Pemangkasan tepi:

13

Pemangkasan tepi sisi kayu lapis dari hot press ke papan kayu lapis yang memenuhi syarat. Tetap terkait dengan sisa proses dan dimensi produk. Produksi lebih besar, pemborosan lebih kecil. Rasio pemborosan adalah 6% -9%

8) pengamplasan

Pengamplasan permukaan triplek agar bagus. Pemborosan adalah bubuk. Kualitas veneer bagus, pengamplasan kurang. Rasio pemborosan adalah 2% -6%

14

15

9) Pergudangan:

Kayu lapis sedang dikemas dalam palet atau dalam jumlah besar

16

(10) Laminating dengan veneer, kertas melamin, kertas membran dll.

Produk kayu lapis jadi

17

18

Sebelumnya: Analisis prediktif: 2022 Status pengembangan dan tren pengembangan industri panel berbasis kayu China

Selanjutnya: Mengapa kayu lapis berubah bentuk?

kategori panas

ONLINE